Minggu, 10 Juni 2018

Persiapan Saat Akan Meninggalkan Rumah Untuk Mudik Lebaran

https://kurangtravelling.blogspot.com/2018/06/persiapan-saat-akan-meninggalkan-rumah-untuk-mudik-lebaran.html
Sumber foto : pexels.com
KurangTravelling - Menjelang lebaran, kita akan disibukkan dengan kegiatan untuk mudik ke kampung halaman. Beberapa orang harus melakukan perjalanan beberapa hari sebelum sampai ke kampung halaman. Ada pula yang hanya memerlukan beberapa jam untuk tiba ke kampung halaman tercinta.

Baik jauh ataupun dekat, yang orang ingin rasakan adalah sensasi merasakan mudik pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Apa itu mudik lebaran?
Bagi beberapa orang mungkin yang belum tahu apa itu mudik lebaran. Singkatnya, mudik lebaran adalah kegiatan penganut muslim kembali ke kampung halaman untuk saling bermaaf-maafan dengan keluarga khususnya orang tua ketika lebaran tiba.

Menurut wikipedia :
Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Transportasi yang digunakan antara lain : pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik.


Namun kita tak bisa begitu saja pergi ketika ingin mudik ke kampung halaman. Beberapa hal harus dipersiapkan agar mudik kita berjalan lancar, dan bisa melakukan kegiatan dengan santai saat di kampung halaman tanpa memikirkan hal-hal lainnya selain berlebaran.

Tentu saja hal paling merepotkan adalah beres-beres rumah sebelum di tinggalkan beberapa waktu sampai kita kembali lagi. Karena banyak hal yang harus dilakukan agar tempat yang akan kita tinggalkan aman dari berbagai hal yang tidak menguntungkan.

Di bawah ini kurangtravelling akan berbagi saran kepada teman-teman sekalian, yang sedang ingin melaksanakan mudik lebaran ke kampung halaman masing-masing.

Kelistrikan
Hal paling dasar yang harus di ingat dan di laksanakan adalah periksa kelistrikan yang ada di tempat tinggal kita. Karena hal sederhana seperti colokan yang masih terpasang bisa memancing arus listrik pendek yang dapat menyebabkan kebakaran.

Jangan lupa untuk mencabut semua colokan ketika kita akan melakukan mudik, agar hal tak di inginkan dapat di hindari.

Gas
Gas juga harus menjadi salah satu fokus utama ketika anda akan segera melakukan mudik. Jangan lupa mencabut penghubung gas dengan kompor yang ada  di rumah anda ketika akan meninggalkan rumah.

Gas yang bocor bisa juga menyebabkan kebakaran yang sangat tidak kita inginkan.
Jika memang tak merepotkan, anda bisa menitipkan gas anda kepada tetangga agar lebih aman karena ada yang mengawasi. Sehingga anda akan lebih tenang ketika melakukan kegiatan mudik lebaran.

Jendela Rumah
Jendela rumah anda juga tak boleh luput dari perhatian ketika akan mudik lebaran. Demi menghindari terjadinya hal tak di inginkan seperti pencurian, lebih baik periksa baik-baik semua jendela rumah anda dan menguncinya ketika akan melakukan mudik lebaran.

Jika anda bisa membuat teralis di setiap jendela rumah maka akan lebih baik lagi.

Barang berharga
Barang berharga yang dirasa bisa dibawa, sebaiknya dibawa ketika akan melakukan mudik lebaran. Jika tak bisa dibawa ke kampung halaman, anda bisa menitipkannya kepada tetangga yang bisa dipercayai.

Atau jika dirasa sulit untuk menitipkan kepada tetangga kita, silahkan titip di penitipan barang semacam bank, atau pegadaian.

Pamit kepada tetangga
Perlu sekali agar tetangga tahu ketika anda akan melakukan mudik lebaran. Selain rukun tetangga, pamit kepada tetangga juga bertujuan agar mereka bisa mengawasi rumah kita ketika kita meninggalkan rumah untuk melakukan mudik lebaran.

Karena jika terjadi sesuatu atau ada masalah di rumah kita saat di tinggalkan, maka tetangga kita bisa mengabari kita secepatnya agar kita tahu.

Postingan menarik lainnya : Berbagai hal yang bisa dilakukan di Jamaika

Melakukan mudik lebaran merupakan sensasi tersendiri yang hanya bisa di rasakan sekali dalam setahun. Tentu saja kita sebagai penganut muslim tak ingin tinggal dan tak merasakan sensasi luar biasa ini.

Namun jangan sampai keteledoran sederhana bisa berimbas besar yang nantinya akan membuat kita mengalami musibah tak mengenakkan.

Waspada dan perhatikan baik-baik beberapa hal di atas yang sudah di beberkan oleh KurangTravelling untuk anda yang akan segera melakukan mudik lebaran.

Demikianlah saran-saran yang KurangTravelling bisa berikan kepada teman-teman sekalian, semoga saja informasi ini bisa memberi manfaat kepada anda semua yang akan melakukan mudik lebaran.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar